web counter Biaya Menjadi Agen Gas Elpiji - Informasi Biaya Terbaru

Header Ads

PKK

Biaya Menjadi Agen Gas Elpiji


Saat ini gas elpiji cenderung lebih dipilih oleh kebanyakan orang dibandingkan dengan kayu bakar. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya produk yang satu ini dinilai lebih praktis dan efisien pada saat digunakan.

Oleh karena itu, tak heran jika pasokan gas elpiji saat ini semakin dibutuhkan. Sehingga kondisi seperti ini dapat membantu masyarakat untuk memiliki peluang usaha dalam hal penjualan gas elpiji dengan menjadi agen pendistribusiannya.

Namun, sebelum mengajukan permohonan menjadi agen atau mitra PT Pertamina terdapat beberapa ketentuan yang harus kalian ketahui. Ketentuan-ketentuan tersebut di antaranya yaitu seperti dokumen persyaratan, prosedur dan modal atau biaya menjadi agen gas elpiji.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelasjkan secara lengkap apa saja syarat, prosedur dan biaya menjadi agen gas elpiji. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak pembahasan biaya agen gas elpiji berikut ini.

Biaya Agen Gas Elpiji

Seperti yang sudah kami singgung di atas, peluang menjadi agen gas elpiji menjadi slah satu ladang bisnis yang meguntungkan. Hal itu dikarenakan produk yang dijual tidak akan menjadi kadaluarsa dan selalu dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat. Bagi kalian yang berminat, perhatikan ulasan biaya agen gas elpiji berikut ini.

Keunggulan Menjadi Agen Gas Elpiji

Sebelum membahas biaya agen gas elpiji, alangkah baiknya kalian ketahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menjadi agen produk tersebut. Keunggulan-keunggulan tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Dibutuhkan Banyak Orang

Seperti yang sudah kalian ketahui, berjualan gas elpiji terutama untuk ukuran 3 kg ini sangat dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Terlebih lagi jika pasokan gas eliji sedang terjadi kelangkaan, secara otomatis kalian akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

2. Harganya Cukup Stabil

Harganya yang relatif stabil menjadi salah satu alasan mengapa agen gas elpiji ini menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Pasalnya, modal yang harus kalian keluarkan untuk membeli produk tersebut besarnya akan selalu sama. Meskipun begitu, harga jual dari gas elpiji ini dapat meningkat karena sejumlah faktor yang mempengaruhinya.

Resiko Menjadi Agen Gas Elpiji

Meskipun menjadi agen gas LPG memiliki cukup banyak keunggulan, namun terdapat pula resiko yang harus kalian pertimbangkan. Sebagai contoh tabung gas yang kalian beli mengalami kebocoran tentunya akan sangat merugikan.

Oleh sebab itu, sebelum memulai berjualan pastikan kalian memeriksa dan menempatkan gas elpiji di tempat yang aman. Selain itu, hindarkan gas LPG dari sinar cahaya matahari secara langsung agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Persyaratan Menjadi Agen Gas Elpiji

Setelah kalian mengetahui keunggulan dan resiko menjadi agen gas elpiji, berikut ini juga akan kami berikan persyaratan yang harus kalian lengkapi ketika hendak menjadi agen gas elpiji. Setidaknya terdapat empat jenis persyaratan yang harus kalian penuhi, yaitu syarat administrasi, formulir, dokumen serta syarat fasilitas dan sarana.

1. Syarat Administrasi

  • Memiliki perusahaan yang berbadan hukum seperti koperasi atau Perseroan Terbatas (PT).
  • Terdapat dua jenis pemohon agen gas elpiji, yaitu eks dan non eks agen minyak tanah bersubsidi.
  • Isi semua data dengan benar pada formulir yang diberikan.
  • Apabila mendaftar secara online, pastikan kalian memiliki alamat email yang aktif dan dapat dihubungi.
  • Sebagai agen, kalian harus mampu menjual gas LPG minimal 1.000 kg dalam satu hari.

2. Syarat Formulir

  • Alamat email yang masih aktif dan dapat dihubungi.
  • Kata sandi yang unik dan mudah untuk diingat.
  • Nama perusahaan kalian yang akan dijadikan sebagai agen gas elpiji.
  • Alamat lengkap perusahaan kalian.
  • Nomor telepon perusahaan yang aktif.
  • Alamat gudang yang akan digunakan untuk menyimpan stok gas tabung LPG.

3. Syarat Dokumen

  • Melampirkan Akta Pendirian usaha (khusu untuk perusahaan yang bukan eks agen minyak tanah bersubsidi).
  • Melampirkan KTP pimpinan atau direktur perusahaan sesuai yang tercantum di dalam Akta Pendirian Usaha.
  • Plan atau rencana area pemasaran.
  • Surat keterangan kesanggupan pemohon untuk membeli gas elpiji sebanyak 1.000 tabung (khusus bagi perusahaan eks agen resmi minyak tanah Pertamina).
  • Surat keterangan pernyataan kesediaan mematuhi peraturan pemerintah daerah setempat.

4. Syarat Fasilitas dan Sarana

  • Tempat usaha atau gudang memenuhi kriteria yang ditetapkan.
  • Memiliki minimal 1 unit truk layak jalan untuk kendaraan operasional.
  • Tersedia alat timbangan jenis duduk dengan kapasitas minimal 25 kg yang masih layak pakai.
  • Memiliki alat pemadam api ringan untuk kendaraan, gudang serta outlet.
  • Tersedia rambu penunjuk atau larangan di gudang dan outlet.
  • Karyawan perusahaan harus dilengkapi dengan kartu identitas, seragam dan dicantumkan dengan jelas logo LPG, nama agen serta nama petugas.
  • Memiliki papan nama yang terpasang di gudang & outlet.
  • Harus tersedia perangakat sarana IT palling tidak 1 dengan alamat email yang aktif.
  • Menyediakan sarana fasilitas layanan antar seperti kendaraan pick up dan hitline agen gas elpiji.

Cara Menjadi Agen Gas Elpiji

  1. Kunjungi dan daftarkan diri melalui website resmi Pertamina di kemitraan.pertamina.com.
  2. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti Surat Perjanjian Kerjasama, SIUP, Surat Rekomendasi serta fotokopi KTP.
  3. Kemudian pihak Pertamina akan menyeleksi atau menyurvey lokasi usaha dan keuangan perusahaan.

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, kurang lebih dalam jangka waktu satu minggu setelah proses pendaftaran pihak Pertamina akan memberikan pengumuman melalui email mengenai disetujui atau tidaknya permohanan pengajuan kalian.

Perkiraan Biaya Agen Gas Elpiji

Setelah mengerti semua syarat dan prosedur pengajuan menjadi agen gas elpiji, selanjutnya kalian juga harus menghitung berapa besar modal atau biaya yang harus dipersiapkan. Berikut adalah rincian besaran biaya agen gas elpiji mulai dari awal sampai dengan beroperasi.

1. Tabung Gas

Kalian harus mempersipkan dana untuk membeli tabung gas 3 kg sebanyak 200 tabung. Perhitungan yaitu 200 x Rp 125.000 = Rp 25.000.000.

2. Kendaraan Bermotor

Kalian juga harus menyediakan kendaraan bermotor seperti mobil pick up atau kendaraan roda tiga sebagai sarana transportasi untuk angkut barang gas LPG. Harga untuk satu unit motor roda tiga saat ini yaitu sekitar Rp 8.000.000.

3. Lokasi Usaha

Lokasi usaha seperti gudang dan toko harus berada di tempat yang strategis dan padat penduduk. Selain itu, pastikan juga lokasi usaha memiliki luas yang cukup untuk menampung banyak tabung gas elpiji sebagai stok.

4. Brosur Usaha

Kalian juga bisa menarik minat masyarakat dengan membagikan brosur kepada calon pengecer. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semakin banyak pelanggan maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kalian dapatkan.

5. Dana Investasi

Terakhir, kalian juga harus mempersiapkan dana cadangan untuk pengembangan usaha dan biaya untuk membeli gas elpiji 3 kg sebanyak 100 tabung. perhitungannya yaitu 100 x Rp 125.000 = Rp 12.500.000.

Jadi estimasi atau perkiraan biaya agen gas elpiji pertamina 3 kg dari awal hingga berjalan membutuhkan dana sebesar Rp 50.700.000.

Tips sukses Menjadi Agen Gas Elpiji

  • Beri edukasi kepada konsumen kalian seperti bagaimana cara menggunakan kompor elpiji.
  • Jual aksesoris perlengkapan gas elpiji.
  • Lakukan promosi yang menarik banyak konsumen.
  • Buatlah pembukuan mulai dari pengeluaran, pemasukan hingga utang pitutang.
  • Bangun kepercayaan konsumen kepada toko atau outlet kalian.
Demikian penjelasan yang dapat sampaikan mengenai besaran biaya agen gas elpiji lengkap dengan syarat dan cara pengajuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat kalian jadikan gambaran ketika hendak menjadi agen gas elpiji 3 kg.
Diberdayakan oleh Blogger.