web counter Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta (STIKOM Yogyakarta) Tahun 2023/2024 - Informasi Biaya Terbaru

Header Ads

PKK

Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta (STIKOM Yogyakarta) Tahun 2023/2024

Bersama ini kami biaya.web.id menyampaikan informasi tentang Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta (STIKOM Yogyakarta) Tahun 2023/2024, sebagai berikut:

Sejarah


STIKOM Yogyakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi STIKOM) Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta Nasional bidang komunikasi yang berdiri lebih dari 23 tahun silam (sejak 17 Januari 1995-sekarang) memiliki empat program studi unggulan (Sarjana/S1 Ilmu Komunikasi, D3 Penyiaran/Broadcasting, D3 Periklanan/Advertising, dan D3 Hubungan Masyarakat/Public Relations). Semua program studi Diploma Tiga yang dimiliki STIKOM Yogyakarta telah terakreditasi B (Baik Sekali); bahkan sebelumnya pernah meraih predikat A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Visi STIKOM Yogyakarta yaitu menjadi perguruan tinggi swasta yang profesional, unggul dan terdepan dalam bidang ilmu komunikasi, penyiaran, periklanan, dan hubungan masyarakat dan teknologi yang dilandasi semangat disiplin, kejuangan, dan kreativitas dalam rangka menunjang pembangunan nasional tahun 2028. Misi STIKOM Yogyakarta adalah berkomitmen kuat dalam menghasilkan para Sarjana dan Ahlimadya yang memiliki berbagai kompetensi akademis, praktis, dan spiritualis yang berlandaskan pada nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kreativitas, dan universalitas kemanusian yang tinggi; berkomitmen tinggi dalam mengoptimalisasikan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan selalu menyesuaikan diri segala perubahan zaman, dan perkembangan teknologi telekomunikasi, media, dan penyiaran (Telematika) demi terciptanya peradaban bangsa yang bermartabat dan berkeadilan sosial; b berkomitmen kuat dalam mengembangkan tata kelola perguruan tinggi swasta yang mengedepankan pada nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, profesionalitas demi terwujudnya sekolah tinggi bertaraf Internasional tahun 2028.

Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor: 109/KPT/I/2018 tentang Izin Perubahan Bentuk AKINDO Yayasan Pendidikan Komunikasi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta yang Diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Komunikasi AKINDO Yogyakarta per 02 Februari 2018, AKINDO YPK resmi naik status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor: 494.a/M/Kp/VII/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015 yang telah ditetapkan di Jakarta pada 14 Agustus 2015; AKINDO YPK (sekarang STIKOM Yogyakarta) ditetapkan sebagai PT Terbaik ke-279 se-Indonesia. Pemeringkatan tersebut berdasarkan pada empat jenis parameter. Yaitu: kualitas sumber daya manusia (SDM), kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan; dan kualitas penelitian; dan publikasi ilmiah. Dengan masuknya Kampus STIKOM Yogyakarta menduduki peringkat ke-279 PTS/N terbaik di Indonesia tahun 2015 dari 3.320 PTN/S di bawah Kemenristekdikti RI; membuktikan bahwa dedikasi seluruh sivitas akademika STIKOM Yogyakarta (dosen, karyawan, mahasiswa, dan alumni) mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan peradaban bangsa.

Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per akhir Desember 2015 menjadi tantangan dan peluang bagi seluruh elemen bangsa ini untuk bersaing dan bekerjasama secara kreatif, kompetitif, dan profesional. Langkah ini menjadi bukti pengakuan pemerintah terhadap STIKOM Yogyakarta. Karena kami memiliki keyakinan bahwa tantangan zaman harus dijawab melalui semangat kami untuk menjawab kebutuhan dan tantangan mencetak lulusan yang mampu bersaing di era pasar bebas. Perkembangan teknologi telekomunikasi, media, informatika, grafika, dan transportasi (Telematikagratrans) berdampak besar pada kemajuan peradaban manusia di era konvergensi multimedia massa. Implementasi teknologi digital dan Internet dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi tren dan kebutuhan bagi perilaku manusia ultramodern. Pertumbuhan jumlah media penyiaran (asing, nasional, dan lokal), media cetak, media online, dan media elektronik di Indonesia dalam 16 tahun terakhir menunjukkan lonjakan luar biasa.

Hal ini menjadi kesempatan emas bagi para akademisi, praktisi, dan pengusaha media (komunikasi) untuk melejitkan karir profesional dan potensi akademiknya. Dengan mengusung tagline; Kampus Komunikasi Kreatif; STIKOM Yogyakarta bertekad kuat mendidik seluruh generasi muda (calon pemimpin bangsa) untuk mempelajari dan mengimplementasikan ilmu komunikasi berbasis teknologi informasi dengan pola pikir kreatif sehingga menghasilkan karya-karya komunikatif, informatif, cerdas, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Terbukti selama lebih dari 23 tahun STIKOM Yogyakarta berdiri mengabdikan diri untuk kemajuan di bidang pendidikan tinggi nasional; STIKOM Yogyakarta telah berhasil memiliki lebih dari 2.300 alumni yang kini bekerja di berbagai perusahaan media televisi, radio, dan cetak nasional maupun lokal, birokrasi (pemerintahan), perusahaan swasta, perguruan tinggi, rumah produksi, dan sektor industri kreatif lainnya.

Tahun 2010, industri media dan komunikasi menjadi tren bisnis yang paling prospektif sebagaimana telah dicanangkan pemerintah sejak 2009 bahwa industri   kreatif menjadi salah satu prioritas pengembangan. Industri kreatif sebagai basis pengembangan program studi yang dimiliki oleh STIKOM Yogyakarta diproses melalui  penggalian kekayaan intelektual berupa daya kreasi, daya cipta, dan bakat individu menjadi sebuah produk atau jasa yang laku di pasaran dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru. Ada 14 sektor yang masuk dalam industri kreatif: (1) Video, film dan fotografi, (2) Periklanan, (3) Musik, (4) Arsitektur, (5) Desain, (6) Televisi dan radio, (7) Fashion, (8) Pasar seni dan barang antik, (9) Kerajinan, (10) Penerbitan dan percetakan (11) Layanan komputer dan piranti lunak, (12) Permainan interaktif (13) Riset dan pengembangan (14) Seni pertunjukan. Dari 14 sektor tersebut, 10 diantaranya sudah dikembangkan dan masuk dalam kurikulum STIKOM Yogyakarta.

Dengan demikian, menjadi insan-insan kreatif merupakan sebuah keharusan bagi generasi muda sekarang untuk bisa berkibar tinggi, hebat dan cemerlang dalam kancah dunia kreatif di masa depan. Industri kreatif memerlukan insan-insan berkualitas super dengan daya kreatif yang lebih dari manusia biasa untuk mampu bersaing dan unggul dalam pertarungan tersebut. Lewat program studi yang ada di STIKOM Yogyakarta dengan basis industri kreatif akan membentuk dan menciptakan insan-insan kreatif yang mampu tampil ke depan bahkan terbang tinggi menghadapi tantangan dunia kreatif di masa depan.

BIAYA KULIAH SEKOLAH TINGGI ILMU KOMUNIKASI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2023/2024

  • Rincian Biaya Kuliah Jalur Reguler
  • Biaya Kuliah Tetap (UKT)
D3
Kehumasan / Public Relations
(Rp)
D3
Periklanan / Advertising
(Rp)
D3
Film, Radio, TV / Broadcasting
(Rp)
S1
Ilmu Komunikasi
(Rp)
UKT
Tiap Semester (Rp)
5.100.0005.100.0005.250.0005.350.000
  • Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)

Biaya SPA sesuai gelombang pendaftaran adalah sebagai berikut:

Gelombang PendaftaranD3 Kehumasan / Public Relations
(Rp)
D3 Periklanan / Advertising
(Rp)
D3 Film, Radio, TV / Broadcasting
(Rp)
S1 Ilmu Komunikasi
(Rp)
GELOMBANG I
(1 Des – 31 Jan)
6.000.0006.000.0006.000.0006.000.000
GELOMBANG II
(1 Feb – 31 Mar)
7.000.0007.000.0007.000.0007.000.000
GELOMBANG III
(1 Apr – 30 Jun)
8.000.0008.000.0008.000.0008.000.000
GELOMBANG IV
(1 Jul – 16 Sep)
10.000.00010.000.00010.000.00010.000.000

Biaya Normal SPA sebesar Rp. 10.000.000

Biaya SPA selama pandemi Covid-19 mendapatkan potongan dibedakan menjadi 4 gelombang:

        • Gelombang I     : Potongan 40 % dari jumlah biaya normal SPA.
        • Gelombang II    : Potongan 30 % dari jumlah biaya normal SPA.
        • Gelombang III   : Potongan 20 % dari jumlah biaya normal SPA.
        • Gelombang IV   : Sesuai jumlah biaya normal SPA.
  • Sistem Pembayaran Jalur Reguler

Biaya perkuliahan dapat dibayar lunas pada awal pendaftaran maupun secara bertahap (3x cicilan) dengan rincian sebagai berikut:

      1. UKT dibayarkan 100% dan SPA dibayarkan 50% pada saat Registrasi Awal
      2. SPA 25% dibayarkan sebelum UTS
      3. SPA 25% dibayarkan sebelum UAS
D3 Kehumasan / Public Relations
Gelombang IGelombang IIGelombang IIIGelombang IV
UKT5.100.0005.100.0005.100.0005.100.000
SPA6.000.0007.000.0008.000.00010.000.000
Total Biaya11.100.00012.100.00013.100.00015.100.000
D3 Periklanan / Advertising
Gelombang IGelombang IIGelombang IIIGelombang IV
UKT5.100.0005.100.0005.100.0005.100.000
SPA6.000.0007.000.0008.000.00010.000.000
Total Biaya11.100.00012.100.00013.100.00015.100.000
D3 Film, Radio, dan TV / Broadcasting
Gelombang IGelombang IIGelombang IIIGelombang IV
UKT5.250.0005.250.0005.250.0005.250.000
SPA6.000.0007.000.0008.000.00010.000.000
Total Biaya11.250.00012.250.00013.250.00015.250.000
S1 Ilmu Komunikasi
Gelombang IGelombang IIGelombang IIIGelombang IV
UKT5.350.0005.350.0005.350.0005.350.000
SPA6.000.0007.500.0008.000.00010.000.000
Total Biaya11.350.00012.350.00013.350.00015.350.000
Diberdayakan oleh Blogger.